Sabtu, 10 November 2018

CARA MERAWAT KIPAS ANGIN AC AGAR TIDAK MUDAH RUSAK


Kipas angin AC adalah salah satu benda yang sering kita gunakan karena manfaatnya yang bisa membuat ruangan menjadi lebih dingin. Kipas angin ini bisa dikatakan kita gunakan setiap saat dan hampir dinyalakan setiap waktu ya. Terutama ketika udara sedang panas mungkin intentsitas kita menyalakan kipas angin menjadi lebih sering. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai cara merawat kipas angin ac agar tidak mudah rusak ya. Karena kipas angin mungkin saja akan sering kita gunakan kapanpun sehingga kemungkinan rusak juga semakin bertambah besar. Berikut adalah beberapa cara merawat kipas angin supaya selalu awet : 

1.    Matikanlah kipas angin jika tidak digunakan
Tips pertama yang harus Anda perhatikan dan juga lakukan jika ingin mendapatkan kipas angin yang awet dan tahan lama adalah mematikan kipas angin jika memang Anda tidak sedang menggunakannya. Kipas angin ini juga memiliki usia pemakaian tertentu, dan bahkan memiliki jam pemakaian sendiri. Biasanya jam pemakaian ini disesuaikan atau dihitung mulai dari awal pemakaiannya. Jadi jika kipas angin Anda sering dipergunakan maka tentu saja akan lebih mudah untuk rusak. Jadi kami sarankan supaya Anda jangan menyalakan kipas angin jika memang tidak digunakan. Lebih baik matikan saja, karena selain bisa membuat kipas angin menjadi tahan lama juga bisa membantu untuk menghemat listrik di rumah Anda. 

2.    Hindarilah kipas angin dari tetesan air
Untuk membuat kipas angin AC Anda supaya selalu awet dan tidak mudah rusak maka Anda harus menghindari kipas angin Anda dari tetesan air. Karena tetesan air bisa saja masuk ke dalam mesin kipas angin dan membuat kipas angin Anda jadi rusak. Jadi jangan sampai kipas angin Anda kemasukan air. Selain itu perhatikanlah apakah ada dinding yang merembes air atau plafon yang bocor yang berada di dekat kipas angin. Karena air yang masuk bisa saja merembes hingga ke mesin kipas angin dan selain bisa menyebabkan kipas angin menjadi rusak juga bisa menyebabkan korsleting listrik yang bisa menyebabkan bahaya yaitu kebakaran. 

3.    Sering-seringlah membersihkan kipas angin
Tips ketiga supaya kipas angin Anda tidak mudah rusak adalah dengan sering-sering membersihkan kipas angin Anda. Karena jika Anda sering menggunakan kipas angin maka tentu saja kipas angin akan menjadi kotor karena debu dan juga kotoran-kotoran yang menumpuk. Dan jika kotoran atau debu itu menempel di baling-baling kipas angin dan tidak pernah dibersihkan maka bisa menyebabkan baling baling kipas angin menjadi memiliki beban yang berat dan bisa membuat gril ataupun as motor pada kipas menjadi tidak bisa bekerja dengan baik. Oleh karena itu jika kipas angin sudah terlihat kotor maka Anda harus segera membersihkannya ya, 

4.    Perhatikan dengan baik kondisi kabel
Langkah selanjutnya supaya kipas angin AC menjadi tahan lama adalah memperhatikan kondisi kabelnya dengan baik. Jangan sampai kabel kipas angin Anda terkelupuas karena akan sangat berbahaya. Jika kabelnya rusak maka bisa mempengaruhi kipas dan juga berbahaya bagi keselamatan rumah karena bisa menyebabkan kebakaran, dan juga bisa menyebabkan Anda tersengat listrik. Jadi selain memperhatikan kipas anginnya, perhatikan juga kabelnya. 

5.    Berhati-hatilah ketika memberishkan kipas angin
Yang kelima, jika Anda ingin kipas angin Anda tahan lama dan tidak gampang rusak maka Anda harus memperhatikan beberapa hal. Salah satu yang harus Anda perhatikan adalah ketika sedan membersihkan kipas angin. Ketika membersihkan kipas angin pastikan membersihkannya secara menyeluruh dan benar-benar kering. Lihat juga apakah bautnya sudah terpasang kembali sesuai bentuk semula atau tidak. 

Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara merawat kipas angin ac agar tidak mudah rusak. Hal ini berlaku sama jika Anda ingin memiliki air cooler yang awet dan juga tahan lama ya. Terutama hal yang harus diperhatikan adalah saat membersihkan kipas anginnya, jika cara membersihkannya mudah maka tidak akan mudah rusak.

0 komentar:

Posting Komentar